Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 3 Aplikasi Pemprogaman Terbaik Untuk Merlatih Ketrampilan Berfikir Anak

Bahasa Pemrograman sangat baik diajarkan kepada anak-anak untuk melatih keterampilan berfikirnya, khususnya logika. Selain itu pemrograman dapat menjadi ajang kreativitas bagi anak-anak dalam mengekspresikan ide-idenya.

Pemprogaman dengan antarmuka yang ramah anak dan cara penggunaan yang mudah, sangat pas untuk mereka karena sesuai dengan masa kembangnya.

Tiga aplikasi gratis atau freeware berikut dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berrikir siswa atau anak anda sendiri.

Tiga aplikasi tersebut adalah:
1) Scratch yang dikembangkan oleh MIT Media Lab,
2) Kodu Game Lab yang dikembangkan oleh Microsoft, dan
3) Alice yang dikembangkan oleh University of Virginia.

1. Scratch
apa itu scratch, kelebihan, fungsi dan komponen pada scratch
Scratch tutorial
Scratch adalah aplikasi pemrograman visual berbasis web yang dirancang seperti layaknya alat penyusun multimedia sehingga anak dapat dengan mudah belajar melakukan pemrograman. 

Scratch cocok sekali digunakan sebagai alat edukasi dan ilmu pengetahuan ditujukan bagi anak-anak bahkan anak dewasa untuk membantu mereka belajar konsep penting di belakang bahasa pemrograman.Scratch dapat mendorong algoritme berpikir para penggunanya, Scratch juga membantu penggunanya dalam merancang tokoh yang bisa menari, menyanyi dan berinteraksi satu sama lainnya. Selain itu bahasa pemrograman grafis untuk pembuatan kodenya jauh lebih mudah daripada bahasa pemrograman tradisional. 

Di dalam website nya, Anda dapat menemukan lebih dari 3 juta karya yang telah diupload dan dapat digunakan sebagai contoh bagi para siswa.

Untuk melakukan pemrograman, anak cukup melakukan drag and drop obyek dan memasukkan logika didalamnya sama seperti menggunakan Adobe Flash di tahap pemula.

Download juga buku panduan yang berisi Tutorial Aplikasi Open Source Scratch

2. Kodu Game Lab
Kodu Game Lab Tutorial dan link downloadnya
Play Kodu Game Lab Review
Kodu Game Lab merupakan aplikasi desktop buatan Microsoft yaitu sebuah alat pemrograman visual yang dirancang untuk membuat game 3 dimensi dengan cara yang mudah yang dapat dijalankan di komputer dan konsol game Microsoft Xbox.

Membuat game di Kodu memang sangat mudah karena tidak menggunakan barisan kode yang panjang, melainkan menggunakan gambar-gambar sederhana yang sangat mudah dimengerti dalam merangkai kode program.

Selain itu, dalam mode penulisan program, Kodu menggunakan tampilan 3 dimensi sehingga terlihat sangat menarik dan lebih nyata bagi anak-anak.
Download Kodu Game Lab

3. Alice
Download Aplikasi Alice
Antarmuka Aplikasi Alice
Alice adalah aplikasi pemrograman visual desktop yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Virginia sebagai perangkat untuk memperkenalkan pemrograman berbasis obyek.

Dengan aplikasi Alice ini, anak-anak dapat melakukan pemrograman sekaligus melihat perubahannya secara langsung dalam lingkungan 3 dimensi.

Download aplikasi alice
Untuk tutorialnya cari sendiri di google ya... di google banyak kok.

Selamat mencoba dan selamat menularkan inovasi kepada anak didik Anda!

Post a Comment for "Inilah 3 Aplikasi Pemprogaman Terbaik Untuk Merlatih Ketrampilan Berfikir Anak"