Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Laman Statis di Blogspot Menjadi Satu Kolom

Halaman statis atau page atau laman itu berbeda dengan halaman post, baik berbeda fungsinya, berbeda di serp search engine nya, dll.

Banyak di antara kita yang ingin memaksimalkan laman atau halaman statis di blog kita. Bisa jadi karena kita ingin membuat halaman kontak, tentang, sitemap, DMCA, atau frame Al-quran online misalnya atau yang berbasis frame lainnya.

Tentunya untuk memasang frame Al-quran online atau frame lainnya sangat disarankan untuk membuat halamannya menjadi full widht (halaman satu kolom) agar frame bisa terbuka penuh tanpa ada widget sidebar, seperti yang sudah saya terapkan di blog ini.

Artinya kita menginginkan satu halaman penuh diisi sebuah postingan pada laman atau halaman statis yang kita buat tanpa mempengaruhi tampilan halaman postingan.

Membuat halaman satu kolom pada laman itu sebenarnya gampang banget, karena kode yang dibutuhkan memang sudah tersedia, hehe..

Tapi agak sulit mencocokkan kode tersebut dengan template yang kita gunakan. Karena setiap template biasanya menggunakan nama element Id dan Class yang berbeda-beda.

Tapi tenang saja meski agak sulit, anda pasti bisa kok.

Kita bisa menggunakan tag conditional yang digunakan untuk mengatur elemen-elemen di mana akan ditampilkan atau di mana akan disembunyikan.

OK, langsung saja ya, berikut ini tutorialnya:

1. copy code berikut ini

<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'> <style> .PopularPosts, .footer, .tably, #social_networks, .sidebar, .sidebar-inner, #sidebar-wrapper { display: none; } #main-wrapper { width: 101%; } </style> </b:if>
2. Masuk ke pengaturan template, lalu pilih edit HTML. Cari kode <body>, Anda bisa menekan ctrl+f tulis kode <body> dan tekan enter melakukan pencarian. Setelah ketemu paste kode di atas (dilangkah pertama) tepat di bawah kode <body>.

3. Simpan template. Lalu lihat halaman statis anda apa sudah berubah tampilannya menjadi satu kolom? Jika sudah, maka anda berhasil dengan tutorial diatas. Jika belum terjadi apa-apa, maka silakan ikuti langkah ke 4.

4. pada kode yang berwarna biru di atas khususnya pada kode  #main-wrapper itu berfungsi mengatur lebar kolom, jika Id tersebut tidak berfungsi ganti dengan #post-wrapper

Jika tutorial di atas tidak membuat perubahan apa-apa pada halan statis anda, berarti dalam template anda terdapat nama-nama elemen Id dan Class yang berbeda dengan yang di atas. Untuk itu sobat harus berusaha mencarinya.

Nama element Id dan Class di atas adalah nama element yang digunakan dalam template ini. saya menggunakan template BMAG - Resposive Blogger Template.


Jika nama element Id dan Class tidak cocok dengan template anda, maka gantilah  Id Class .PopularPosts, .footer, .tably, #social_networks, .sidebar, .sidebar-inner, #sidebar-wrapper di atas dengan nama element Id dan Class yang biasa digunakan pada template-template lain pada umumnya yaitu: .blog-pager, .post-footer, .feed-links, .comments, #comments, .sidebar-wrapper.

Selamat... halaman statis blog anda sudah menjadi satu kolom.

Itulah tutorial tentang cara membuat halaman statis (laman) satu kolom (full width) di blogspot.

Semoga bermanfaat...

Tag: 
#cara membuat halaman statis satu kolom di blogspot
#cara membuat page di blog
#cara membuat halaman statis di blogspot
#cara menambah postingan di laman blog
#fungsi laman pada blog

Post a Comment for "Cara Membuat Laman Statis di Blogspot Menjadi Satu Kolom"