RPP K-13 INDAHNYA ASMAUL HUSNA
CONTOH RPP Kurikulum 2013
Sekolah : MA. Madarijul Huda
Mapel : Aqidah Akhlak
Kelas
/ Semester : XI / II
Materi
Pokok : Indahnya Asmaul Husna
AlokasiWaktu : 2 x 45menit
A. Kompetensi
Inti
|
B. Kompetensi
Dasar
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.Meyakini Allah melalui Asmaul Husna
1.2.Meyakini nama-nama Allah adalah nama yang paling baik
1.3.Mempercayai hikmah Asmaul Husna
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong,
santun, percaya diri, dalamberinteraksisecaraefektifdengan lingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1.Menunjukkan
perilaku beriman bahwa Allah mempunyai
nama-nama yang baik (Asmaul Husna)
2.2.Mempunyai
sikap perilaku yang baik
terhadap masyarakat sebagai implementasi dari Asmaul Husna
2.3.Menunjukkan sikap yang
mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, memberi rasa aman, tawakkal dan berperilaku
adil.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
3.1.Memahami
Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al
Hakim) .
3.2.Mengemukakan bukti nyata tentang Asmaul Husna (Al
Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim)
3.3.Menunjukkan contoh perilaku:
keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil sebagai
cerminan Asmaul Husna (Al Mukmin, Al
Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim)
3.4.Menceritakan kisah teladan yang
mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan
berperilaku adil.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalamsudutpandang / teori.
|
4.1.Menyebutkan Asmaul Husna.
4.2.Menyebutkan arti Asmaul Husna
4.3.Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang meneladani
Asmaul Husna
|
C. Indikator
3.1.1. Menjelaskan
pengertian Asmaul Husna.
3.1.2. MenyebutkanAsmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al
Hakim).
3.2.1. Menyebutkan
makna dari Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al
Adlu, Al Hakim) .
3.2.2. Menyebutkan hikmah mempelajari Asmaul Husna.
3.3.1. Menerapkan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna untuk
kehidupan sendiri dan sosial.
3.4.1.Menceritakan salah satu kisah sebagai penguat
mempelajari Asmaul Husna
4.1.1. Menghafalkan 99 Asmaul Husna beserta artinya.
4.1.2. Menyebutkan contoh-contoh yang mencerminkan Asmaul Husna
D. TujuanPembelajaran.
Pesertadidikmampu
:
1.
MenjelaskanpengertianAsmaul Husna.
2.
MenyebutkanAsmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al
Hakim) beserta artinya.
3.
Menyebutkan hikmah
mempelajari Asmaul Husna.
4.
Menerapkan perilaku
yang mencerminkan Asmaul Husna untuk kehidupan sendiri dan sosial.
5.
Menceritakan salah
satu kisah sebagai penguat mempelajari Asmaul Husna.
6.
Menghafalkan 99
Asmaul Husna beserta artinya.
7.
Menyebutkan
contoh-contoh perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna.
E. MateriPembelajaran
1. Pengertian Asmaul Husna
Asmaul Husna menurut bahasa berarti nama-nama yang baik.
Dan menurut istilah adalah nama-nama yang baik bagi Allah SWT sebagai bukti
dari keagungan dan kesempurnaan-Nya. Allah SWT mempunyai 99 nama diantaranya
adalah Al Mukmin, Al-Adzim, Al Hadi, Al Adlu dan Al Hakim.
2.
Al Mukmin
Artinya Dzat yang memberi keamanan atau dzat yang
mengamankan. Allah memberi keamanan kepada siapa saja yang jadi makhluknya.
Sebagai hambanya kiata akan merasakan perlindungan dan keamanan melalui keimann
kita karena Allah akan melindungi orang-orang yang beriman. Sebagai hamba Allah
yang beriman kita harus bisa mencontoh sifat tersebut, diantaranya melakukan
hal-hal sebagai berikut :
a.
Menenangkan teman yang sedang
merasa takut
b.
Tidak mengganggu teman
c.
Menjaga diri sendiri dari ancaman
dan gangguan orang atau makhluk lain
d.
Tidak takut kepada apapun,
kecuali kepada Allah
3.
Al ‘Adzim
Artinya Dzat yang maha agung dan maha mulia, seluruh
mahkluk ciptaannya tidak ada yang bisa mengalahkan atau menyaingi keagungannya.
Semua makhluk tunduk dan bersujud kepadanya. Allah tidak membutuhkan bantuan
atau pertolongan siapapun. Termasuk perilaku yang mencerminkan sifat ini adalah
:
a.
Merendahkan diri
b.
Takut untuk
bersifat sombong, karena masih ada dzat yang agung
c.
Selalu berdoa dan
menyandarkan diri pada Allah
d.
Tawakkal dan pasrah
e.
Beribadah hanya
karena-Nya
4.
Al Hadi
Artinya Dzat yang maha memberi petunjuk. Allah memberi
petunjuk kepada hamba-hambanya yang beramal sholeh. Orang yang mendapat
petunjuk Allah akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan dalam menjalankan
kehidupan sehari-hari.Perilaku yang mencerminkan sifat tersebut, antara lain :
a.
Berusaha memberi
petunjuk ke jalan yang benar
b.
Selalu melakukan
hal-hal yang di perintah oleh Allah dan Rasul-Nya
c.
Menjadi teladan
bagi sesama
d.
Memberi nasihat yang
benar pada yang membutuhkan
5.
Al ‘Adlu
Artinya Dzat yang maha adil,adil dalam menetapkan suatu
perkara, adil dalam menghitung dan membalas segala amal perbuatan manusia ,
apabila Allah memberi keputusan maka semuanya tidak ada yang dirugikan. Melalui
sifatnya, Allah swt. memerintahkan kepada umat-Nya agar berbuat adil saat
memberikan keputusan kepada sesama manusia, seperti:
a.
Besikap jujur dan adil
b.
Memberikan hak orang lain yang
menjadi miliknya
c.
Menegakan keadilan dengan sepenuh
hati
d.
Memberikan ilmu/kecerdasan kepada
orang lain
6.
Al Hakim
Artinya Dzat yang maha bijaksana,kebijaksanaan Allah
meliputi segala hal yang bersifat dunia dan akhirat. Dengan meneladani sifat
ini manusia akan senantiasa bersikap bijaksana, orang bijak biasa berpikir
tajam, wawasan luas , cermat dan teliti sehingga terhindat dari prilaku yang
merugikan.
F.
Hikmah
Mempelajari Asmaul Husna
1.
Menambah keimanan,
ketaqwaan dan kekhusu’an dalam beribadah.
2.
Berusaha
mendekatkan diri padanya
3.
Sadar bahwa segala
sesuatu ada yang mengatur.
4.
Berusaha selalu
berbuat baik dan berkasih sayang
5.
Berusaha menjadi
mukmin yang bertakwa
6.
Memelihara kesucian
diri
7.
Menjaga keselamatan
diri dari orang lain
8.
Menjadi orang yang
terpecaya dan dapat memberikan rasa aman kepada sesama
9.
Berperilaku adil
10. Kreatif dan inovatif
11. Menjadi pemimpin yang baik
12. Berusaha menjadi orang yang pemaaf
13. Bermuhasabah (intropeksi diri)
G. MetodePembelajaran
Ceramah,
Diskusi
H. Model Pembelajaran
CTL,
Simulasi, Pembelajaran Kooperatif
I. Media,
AlatdanSumberBelajar.
Media : Film dan Power Point
Pembelajaran.
Alat : Lembar Kerja Siswa,
folio, Laptop dan LCD
Sumber : Buku Pegangan Aqidah Akhlak, Al Qur’an
Terjemah, dan Internet.
J. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Pendidik
membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a sebelum belajar.
b. Pendidik
memotivasi siswa agar semangat belajar dan meluruskan niat karena Allah.
c. Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran.
d. Pendidik
memeriksa kelengkapan atribut, kerapian pakaian dan tempat duduk.
e. Pendidik
membentuk kelompok kecil terdiri dari 4 siswa
f. Pendidik
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
|
20
Menit
|
2.
|
KegiatanInti
a. Mengamati
1. Siswa
membaca buku panduan pelajaran tentang Asmaul Husna.
2. Siswa
mengamati slide yang berisi tentang Asmaul Husna.
3. Siswa
melihat film tentang cerita dan
hikmah Asmaul Husna.
b. Menanya
1. Pendidik
memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk menanyakan materi yang telah
diamati.
2. Pendidik bertanya mengapa Allah mempunyai Asmaul Husna?
3. Pendidik bertanya apa yang harus dilakukan seorang
muslim dengan nama-nama Allah tersebut?
c. MengumpulkanInformasi
1. Siswa
dibuat memperhatikan penjelasan pendidik tentang makna Asmaul Husna
serta yang berhubungan dengannya
2. Pendidik memberikan informasi tentang contoh perilaku
Asmaul Husna dan menceritakan kisah yang mencerminkan hal tersebut.
3. Siswa
mencari informasi lain tentang cerita
dan contoh perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna
d. Mengasosiasi
(mengolahinformasi)
1. Siswa
membuat ringkasan tentang materi yang telah diceramahkan pendidik dengan
diskusi kelompok.
2. Siswa mendiskusikannya dengan peserta didik dalam satu
kelas.
e. Mengkomunikasi
1. Secara
perwakilan, siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
2. Siswa
menempelkan hasil diskusinya di papan kreatifitas siswa.
|
50
Menit
|
3.
|
KegiatanPenutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok bagi peserta didik.
c. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya agar dipakai acuan belajar
siswa.
d. Berdoa
bersama-sama agar apa yang telah dilakukan mendapat manfa’at.
e. Mengucapkan
salam sebelum meninggalkan kelas.
|
10
Menit
|
K. Penilaian
a.
Penilaian Kognitif
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan pengertian
Asmaul Husna
§ Siswa dapat
menguraikan makna secara kontekstual
§ Siswa membuat porto folio tentang kejadian yang selaras
dengan salah satu Asmaul Husna dan diterangkan secara jelas
|
Tes
Tes lisan
Penugasan
|
Uraian
Uraian
Uraian di lampiran folio
|
§
Jelaskan apa
yang dimaksud Asmaul Husna?
§
Terangkan
bagaimana anda menerapkan asma Allah Al Hakim di sekolahan!
§
Amatilah kemudian
tulislah hal-hal yang berhubungan dengan salah satu nama Allah.
|
No
|
Nama Siswa
|
Perbuatan
yang ditampilkan
|
Jumlahskor
|
||||
Sopan
santun
|
Menghargaiteman
|
Kerjasama
|
MenjagaKeamanan
|
Belajartekun
|
|||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
Keterangan :
· sangat baik = 80 – 90 = A ·
cukup baik = 60 – 69 = C
· baik = 70 – 79 = B ·
kurang baik = 50 – 59 = D
·
buruk = kurang dari
50 = E
M. PenilaianPsikomotorik
ContohKetrampilan
|
Nilai
|
|||
KT
|
CT
|
T
|
ST
|
|
1. Melafalkan
Asmaul Husna
|
||||
2. Menghafalkan
Makna Asmaul Husna
|
Keterangan : Skor Nilai :
Nilai 1 = Kurang, Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik, Nilai 4 = sangat baik
Jumlahskor yang diperoleh (PG,
Perbuatan)
Nilai akhir =: x
100
Skor maximal (25)
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Pengampu
Aqidah Akhlak
DR. M, M. Pd. I Moh.
Kun Muhandis, S. Pd.
NIP. 0000112754 NIP.
...........................
Post a Comment for "RPP K-13 INDAHNYA ASMAUL HUSNA"