Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K-13 INDAHNYA ASMAUL HUSNA

CONTOH RPP Kurikulum 2013




Sekolah                       : MA. Madarijul Huda
Mapel                         : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester         : XI / II
Materi Pokok             : Indahnya Asmaul Husna
AlokasiWaktu            : 2 x 45menit

A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar
    1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.Meyakini Allah melalui Asmaul Husna
1.2.Meyakini nama-nama Allah adalah nama yang paling baik
1.3.Mempercayai hikmah Asmaul Husna
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalamberinteraksisecaraefektifdengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    2.1.Menunjukkan perilaku beriman bahwa Allah mempunyai nama-nama yang baik (Asmaul Husna)
  2.2.Mempunyai sikap perilaku yang baik terhadap masyarakat sebagai implementasi dari Asmaul Husna
   2.3.Menunjukkan sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, memberi rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    3.1.Memahami Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim) .
    3.2.Mengemukakan bukti nyata tentang Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim)
    3.3.Menunjukkan contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil sebagai cerminan Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim)
  3.4.Menceritakan kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
     4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudutpandang / teori.
     4.1.Menyebutkan Asmaul Husna.
     4.2.Menyebutkan arti Asmaul Husna
  4.3.Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang meneladani Asmaul Husna

C.    Indikator
3.1.1.      Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
3.1.2.      MenyebutkanAsmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim).
3.2.1.      Menyebutkan makna dari Asmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim) .
3.2.2.      Menyebutkan hikmah mempelajari Asmaul Husna.
3.3.1.      Menerapkan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna untuk kehidupan sendiri dan sosial.
3.4.1.Menceritakan salah satu kisah sebagai penguat mempelajari Asmaul Husna
4.1.1.      Menghafalkan 99 Asmaul Husna beserta artinya.
4.1.2.      Menyebutkan contoh-contoh yang mencerminkan Asmaul Husna


D.    TujuanPembelajaran.
Pesertadidikmampu :
1.         MenjelaskanpengertianAsmaul Husna.
2.         MenyebutkanAsmaul Husna (Al Mukmin, Al Adzim, Al Hadi, Al Adlu, Al Hakim) beserta artinya.
3.         Menyebutkan hikmah mempelajari Asmaul Husna.
4.         Menerapkan perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna untuk kehidupan sendiri dan sosial.
5.         Menceritakan salah satu kisah sebagai penguat mempelajari Asmaul Husna.
6.         Menghafalkan 99 Asmaul Husna beserta artinya.
7.         Menyebutkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna.

E.     MateriPembelajaran
1.      Pengertian Asmaul Husna
Asmaul Husna menurut bahasa berarti nama-nama yang baik. Dan menurut istilah adalah nama-nama yang baik bagi Allah SWT sebagai bukti dari keagungan dan kesempurnaan-Nya. Allah SWT mempunyai 99 nama diantaranya adalah Al Mukmin, Al-Adzim, Al Hadi, Al Adlu dan Al Hakim.
2.      Al Mukmin
Artinya Dzat yang memberi keamanan atau dzat yang mengamankan. Allah memberi keamanan kepada siapa saja yang jadi makhluknya. Sebagai hambanya kiata akan merasakan perlindungan dan keamanan melalui keimann kita karena Allah akan melindungi orang-orang yang beriman. Sebagai hamba Allah yang beriman kita harus bisa mencontoh sifat tersebut, diantaranya melakukan hal-hal sebagai berikut :
a.         Menenangkan teman yang sedang merasa takut
b.        Tidak mengganggu teman
c.         Menjaga diri sendiri dari ancaman dan gangguan orang atau makhluk lain
d.        Tidak takut kepada apapun, kecuali kepada Allah
3.         Al ‘Adzim
Artinya Dzat yang maha agung dan maha mulia, seluruh mahkluk ciptaannya tidak ada yang bisa mengalahkan atau menyaingi keagungannya. Semua makhluk tunduk dan bersujud kepadanya. Allah tidak membutuhkan bantuan atau pertolongan siapapun. Termasuk perilaku yang mencerminkan sifat ini adalah :
a.         Merendahkan diri
b.        Takut untuk bersifat sombong, karena masih ada dzat yang agung
c.         Selalu berdoa dan menyandarkan diri pada Allah
d.        Tawakkal dan pasrah
e.         Beribadah hanya karena-Nya
4.         Al Hadi
Artinya Dzat yang maha memberi petunjuk. Allah memberi petunjuk kepada hamba-hambanya yang beramal sholeh. Orang yang mendapat petunjuk Allah akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.Perilaku yang mencerminkan sifat tersebut, antara lain :
a.         Berusaha memberi petunjuk ke jalan yang benar
b.        Selalu melakukan hal-hal yang di perintah oleh Allah dan Rasul-Nya
c.         Menjadi teladan bagi sesama
d.        Memberi nasihat yang benar pada yang membutuhkan
5.         Al ‘Adlu
Artinya Dzat yang maha adil,adil dalam menetapkan suatu perkara, adil dalam menghitung dan membalas segala amal perbuatan manusia , apabila Allah memberi keputusan maka semuanya tidak ada yang dirugikan. Melalui sifatnya, Allah swt. memerintahkan kepada umat-Nya agar berbuat adil saat memberikan keputusan kepada sesama manusia, seperti:
a.         Besikap jujur dan adil
b.        Memberikan hak orang lain yang menjadi miliknya
c.         Menegakan keadilan dengan sepenuh hati
d.        Memberikan ilmu/kecerdasan kepada orang lain
6.         Al Hakim
Artinya Dzat yang maha bijaksana,kebijaksanaan Allah meliputi segala hal yang bersifat dunia dan akhirat. Dengan meneladani sifat ini manusia akan senantiasa bersikap bijaksana, orang bijak biasa berpikir tajam, wawasan luas , cermat dan teliti sehingga terhindat dari prilaku yang merugikan.
F.     Hikmah Mempelajari Asmaul Husna
1.      Menambah keimanan, ketaqwaan dan kekhusu’an dalam beribadah.
2.      Berusaha mendekatkan diri padanya
3.      Sadar bahwa segala sesuatu ada yang mengatur.
4.      Berusaha selalu berbuat baik dan berkasih sayang
5.      Berusaha menjadi mukmin yang bertakwa
6.      Memelihara kesucian diri
7.      Menjaga keselamatan diri dari orang lain
8.      Menjadi orang yang terpecaya dan dapat memberikan rasa aman kepada sesama
9.      Berperilaku adil
10.  Kreatif dan inovatif
11.  Menjadi pemimpin yang baik
12.  Berusaha menjadi orang yang pemaaf
13.  Bermuhasabah (intropeksi diri)

G.    MetodePembelajaran
Ceramah, Diskusi

H.    Model Pembelajaran
CTL, Simulasi, Pembelajaran Kooperatif

I.       Media, AlatdanSumberBelajar.
Media                   : Film dan Power Point Pembelajaran.
Alat                      : Lembar Kerja Siswa, folio,  Laptop dan LCD
Sumber                 : Buku Pegangan Aqidah Akhlak, Al Qur’an Terjemah, dan Internet.






J.      Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Pendidik membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a sebelum belajar.
b.    Pendidik memotivasi siswa agar semangat belajar dan meluruskan niat karena Allah.
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran.
d.   Pendidik memeriksa kelengkapan atribut, kerapian pakaian dan tempat duduk.
e.    Pendidik membentuk kelompok kecil terdiri dari 4 siswa
f.     Pendidik menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
20 Menit
2.
KegiatanInti
a.      Mengamati
1.      Siswa membaca buku panduan pelajaran tentang Asmaul Husna.
2.      Siswa mengamati slide yang berisi tentang Asmaul Husna.
3.      Siswa melihat film tentang cerita dan hikmah Asmaul Husna.
b.      Menanya
1.      Pendidik memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk menanyakan materi yang telah diamati.
2.      Pendidik bertanya mengapa Allah mempunyai Asmaul Husna?
3.      Pendidik bertanya apa yang harus dilakukan seorang muslim dengan nama-nama Allah tersebut?
c.       MengumpulkanInformasi
1.      Siswa dibuat memperhatikan penjelasan pendidik tentang makna Asmaul Husna serta yang berhubungan dengannya
2.      Pendidik memberikan informasi tentang contoh perilaku Asmaul Husna dan menceritakan kisah yang mencerminkan hal tersebut.
3.      Siswa mencari informasi lain tentang cerita dan contoh perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna
d.      Mengasosiasi (mengolahinformasi)
1.      Siswa membuat ringkasan tentang materi yang telah diceramahkan pendidik dengan diskusi kelompok.
2.      Siswa mendiskusikannya dengan peserta didik dalam satu kelas.
e.       Mengkomunikasi
1.      Secara perwakilan, siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
2.      Siswa menempelkan hasil diskusinya di papan kreatifitas siswa.
50 Menit
3.
KegiatanPenutup
a.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik.
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya agar dipakai acuan belajar siswa.
d.      Berdoa bersama-sama agar apa yang telah dilakukan mendapat manfa’at.
e.       Mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas.
10 Menit

K.    Penilaian
a.         Penilaian Kognitif
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian Asmaul Husna
§  Siswa dapat  menguraikan makna secara kontekstual
§  Siswa membuat porto folio tentang kejadian yang selaras dengan salah satu Asmaul Husna dan diterangkan secara jelas
Tes

Tes lisan

Penugasan
Uraian

Uraian

Uraian di lampiran folio
§  Jelaskan apa yang dimaksud Asmaul Husna?
§  Terangkan bagaimana anda menerapkan asma Allah Al Hakim di sekolahan!
§  Amatilah kemudian tulislah hal-hal yang berhubungan dengan salah satu nama Allah.
L.     PenilaianAfektif
No
Nama Siswa
Perbuatan yang ditampilkan
Jumlahskor
  Sopan
santun
Menghargaiteman
Kerjasama
MenjagaKeamanan
Belajartekun
     1.







     2.







     3.







     4.







Keterangan :                                                                           
·      sangat baik      = 80 – 90 = A              ·      cukup baik              = 60 – 69 = C
·      baik                  = 70 – 79 = B              ·      kurang baik = 50 – 59 = D
·      buruk                      = kurang dari 50 = E

M.   PenilaianPsikomotorik
ContohKetrampilan

Nilai
KT
CT
T
ST
1.      Melafalkan Asmaul Husna




          2.      Menghafalkan Makna Asmaul Husna





Keterangan :                                                       Skor Nilai :    
Nilai 1 = Kurang,  Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik,  Nilai 4 = sangat baik
Jumlahskor yang diperoleh (PG, Perbuatan)
Nilai akhir =:                                                                                             x 100
Skor maximal (25)

Mengetahui,
Kepala Madrasah                                   Guru Pengampu Aqidah Akhlak


DR. M, M. Pd. I                                       Moh. Kun Muhandis, S. Pd.
NIP. 0000112754                                                NIP. ...........................

Post a Comment for "RPP K-13 INDAHNYA ASMAUL HUSNA"